Tips Mengatasi Insomnia (Susah Tidur) | Sekedar Berbagi
Sekedar Berbagi

Download Tanpa Ribet Tempat berbagi film, musik, aplikasi, game, tutorial, dan masih banyak lagi.

Cari Blog Ini

Paling Hangat

Download Drama Korea Jugglers Eps 9-10

Sunday, September 27, 2015

Tips Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)

  Admin       Sunday, September 27, 2015
Sedang mengalami masalah, galau, atau kepikiran utang? Hal tersebut kadang jug menggangu aktifitas kita termasuk tidur, berikut tips untuk anda semua agar dimudahkan dalam tidurnya, hehe

1. Pilih warna yang tepat

tanda-tanda sulit tidur cara mengatasinya dapat dilakukan dengan mengubah warna dekorasi kamar dengan warna yang tepat. Menurut sejumlah ahli, warna memengaruhi psikologi orang. Dan apabila seseorang berada pada dalam ruangan dengan warna yang tidak sesuai dengan seleranya, hal ini akan memengaruhi pola tidur seseorang. Jika resah memilih warna, output riset mengungkapkan bahwa warna biru muda atau hijau muda dapat membagikan impak relaksasi, tenang, menyenangkan, damai, dan penuh asa. Warna kalem seperti krem, merah muda, bisa juga menenangkan ketika menjelang tidur.

2. Kasur tidak sesuai

dapat jadi kesulitan tidur sebab perkara kasur. Mungkin tidak disadari bahwa gangguan itu terjadi selesainya membeli kasur baru. Karenanya waktu membeli kasur mesti dirasakan kira-kira keempukannya cocok atau tak. Orang yang bobot tubuhnya berat tentu memerlukan kasur yang lebih tebal. Untuk mengetahuinya, cobalah telentang di kasur yang akan dibeli. Apakah posisi tubuh nyaman, tidak terdapat bagian tubuh yang mendapat tekanan berlebih. Bila tidak ada tekanan pada bagian tertentu -cita rasanya misalnya kita berdiri- berarti kasur tadi dapat menopang tulang punggung & lekukan tubuh sehingga ruas-ruas tulang punggung ada dalam posisi netral. Hal ini mampu membantu mencegah gangguan tulang punggung.

3. Kurangi cahaya

pakai cahaya redup agar tidur bisa nyenyak, bahkan apabila diharapkan matikan lampunya supaya kamar jadi gelap. Karena itu blokir semua asal cahaya. Pastikan bahwa kita mempunyai gorden atau tirai pada jendela sebab bisa saja siraman cahaya lampu kendaraan jika kebetulan posisi kamar menghadap jalan, atau cahaya bulan dapat membangunkan kita.

4. Pindahkan jam

Ini mungkin hal sepele. Karena kita merasa wajib  selalu tepat waktu, kita sampai memasang jam dinding di dalam kamar kita. Namun dengan berukuran yang besar, keberadaan jam itu bisa merusak tidur. Contohnya, sebab jam terbuat dari bahan yang berkilau bisa saja cahaya pantulan yang menimpa jam itu mengarah ke kita sehingga menghambat tidur. Atau bunyi tik-tik-tik di kesunyian malam, dapat saja jadi gangguan. Belum lagi ukurannya yang besar sehingga gerakan jamnya begitu terlihat. Ketika kita telentang menunggu waktu tidur, kita akan tahu berapa lama kita terjaga sebagai akibatnya makin membuat kita stres.

Karena itu pindahkan jam dinding, ganti dengan jam meja yang lebih mini   dan dapat distel alarm-nya apabila kita butuh diingatkan buat bangun.

5. Alat elektronik

Begitu sibuknya hingga kita menjadikan kamar tidur sekaligus tempat kerja. Personal komputer  dipasang jua di dalam kamar. Begitu pun dengan televisi. Mungkin kedua alat elektronik ini sudah Mengganggu tidur kita. Karena itu, bila hendak tidur matikan alat elektronik terlebih dulu.

Perlengkapan elektronik yang berada pada kamar tidak hanya 2 benda itu. Kita memiliki telepon seluler di mana kita tidak dapat mengontrol panggilan atau pesan yang masuk. Kadang meski bunyi nada panggil telah dimatikan, cahaya berkilat-kilat dari layar handphone itu bisa merusak. Apalagi ada handphone yang mempunyai lampu standby yang berkedip setiap ketika. Karenanya, letakkan alat komunikasi itu pada posisi yang tak akan menghambat kita tidur.

6. Berantakan

Atur lemari dan rak kitab   sehingga tidak ada tumpukan pakaian & tumpukan buku tergeletak di sekitar kamar. Pindahkan proyek yang belum selesai keluar dari kamar tidur yang membuat kita stres ketika bersiap-siap buat tidur. Kamar yang rapi akan menimbulkan pikiran tidak berantakan, gangguan pikiran berkurang, dan memudahkan relaksasi.

7. Kesegaran udara

Udara yang bersih di dalam kamar memudahkan kita buat dapat cepat tidur. Karenanya buka jendela secara bersiklus buat mengubah udara kamar yang kotor dengan udara segar dari luar. Bila memungkinkan gunakan alat pembersih udara. & apabila perlu pakai aromaterapi yang bisa membuat kita lebih tenang.

Bila dengan menggunakan kiat ringan itu gejala sulit tidur masih menghambat, berarti kita perlu tindakan lebih lanjut. Konsultasikan dengan dokter buat mendapatkan saran memadai supaya kita secepatnya bisa terhindar dari gangguan ini.
logoblog

Thanks for reading Tips Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment